top of page

Hanami – Tradisi Melihat Bunga Sakura di Musim Semi



Apabila kita berbicara mengenai musim semi di Jepang, ada salah satu tradisi yang setiap tahunnya tidak pernah dilewatkan yaitu hanami melihat bunga sakura di musim semi. Aktivitas utama dari hanami ini yaitu menikmati keindahan bunga yang sedang mekar, dan pada umumnya bunga yang dimaksud adalah bunga sakura. Bunga sakura yang dijadikan bunga nasional di Jepang ini hanya mekar pada musim semi, yaitu sekitar akhir bulan Maret hingga awal bulan Mei, dan sekitar bulan Februari untuk Pulau Okinawa.


Hanami sangat identik dengan bunga sakura, mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. hanami biasanya dilakukan bersama keluarga atau teman. Orang Jepang biasanya melakukannya dengan berpiknik menggelar tikar untuk pesta makan-makan di bawah pohon sakura. Dalam hanami, orang Jepang merayakannya dengan makan dan minum, mendengarkan lagu, dan juga sambil bermain. Makanan-makanan khusus juga disediakan untuk perayaan hanami ini seperti dango, bento, dan sake.


Hanami sudah ada di Jepang berabad-abad lamanya. Awalnya bunga sakura digunakan untuk menandakan hari panen tahunan dan menandakan musim tanam padi. Orang Jepang ketika itu percaya pada roh suci yang di dalam pohon sakura dan membuat persembahan. Kemudian orang Jepang akan minum sake untuk merayakannya. Kerajaan Saga pada periode Heian, mengadopsi kepercayaan kuno ini, sehingga mereka mengadakan hanami sambil minum sake dan mengadakan pesta di bawah pohon sakura. Kemudian puisi akan ditulis untuk menggambarkan keindahan bunga sakura. Siklus bunga sakura dianggap sebagai cerminan hidup manusia, dimana dilihat indah dan bercahaya namun hanya sekilas/ singkat.


Pada umumnya, orang Jepang memang sangat mencintai bunga sakura, melihat bunga sakura mekar memberikan sebuah makna kesejukan, keheningan kebahagian, dan ketenangan. Oleh karena itu, tradisi tahunan ini sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat di Jepang. Selain itu juga, lebih dari setengah wilayah Jepang waktu mekarnya bunga sakura datang tepat ketika waktu masuk sekolah dan mulai kerja setelah musim libur sehingga hanami dijadikan sebagai pesta untuk menyambut hari yang baru.


Referensi

http://halojepang.blogspot.co.id/2013/04/hanami.html

http://anitaaratnasari.blogspot.co.id/2011/10/keistimewaan-bunga-sakura-bagi.html


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page