top of page

3 Hal yang Membuat Orang Cepat Marah


http://www.ummi-online.com/po-content/po-upload/78Angry-Kid-1.jpg

Marah seperti yang kita tahu bahwa setiap orang pasti pernah melakukannya. Marah memiliki dampak positif dan negatif dalam hidup. Marah adalah salah satu keadaan emosional dalam diri kita dimana terdapat stimuli dan respon , stimuli itu baik berupa perilaku,tindakan dan lingkungan internal dan eksternal . disini kita tidak membahas secara keseluruhan , Tapi kali ini kita akan membahas tentang penyebab marah yang paling umum terjadi . apa saja penyebab tersebut ?


Situasi

http://2.bp.blogspot.com/-i4Yulz4sN54/UdUqL4-JlSI/AAAAAAAAAAk/GNqJykcBwAs/s450/Cara-Mengobati-Dan-Menyembuhkan-Orang-Kesurupan.jpg

Situasi merupakan suatu hal yang sangat penting karena mengapa situasi merupakan suatu bentuk keadaan dalam diri kita yang dapat menentukan baik atau tidaknya perasaan dalam diri kita pada saat itu. Mengerti atau bingung ? . disini akan diberikan contoh sederhananya seperti pada saat menaiki angkot lalu angkotnya tiba-tiba mengetem dan waktu kita tidak banyak karena akan rapat. Tentu pada saat itu mood kita akan buruk (mood adalah keadaan emosional yang bersifat sementara,bisa beberapa menit,hari atau minggu) lalu terjadilah percakapan

A : bang mau ngetem ?

Sopir : iya pak

....... 15 menit kemudian

A : belum mau jalan bang ?

Sopir : bentar lagi pak

A : saya bisa TELAT BANG , JALAN SEKARANG .

dari contoh kejadian tersebut dapat dikatakan bahwa situasi dapat menjadi penyebab marah .


PMS (Pra Menstruasi Wanita)

http://www.bloggersclub.com/wp-content/uploads/sites/3/2014/11/PMS.png

Seperti yang sering terjadi jika wanita sedang mengalami PMS maka kebiasaannya tidak akan luput dari rasa marah , tapi ada juga yang dapat menahan rasa marah tersebut bagi sedikit orang . menurut beberapa penelitian dari university of california , amerika serikat baru-baru ini merilis hasil penelitian mereka yang menjawab pertanyaan bahwa mengapa wanita mudah marah ketika akan mengalami menstruasi . hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa hal yang menyebabkan wanita marah bukan hormon melainkan respon sel otak yang disebut gaba . apa itu sel gaba ?. sel gaba adalah sel yang terdapat didalam otak yang berfungsi untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang terkait dengan stress dan kecemasan . penelitian dilakukan dengan memindai otak wanita yang menderita PMDD (premenstrual dysphoric disorder) adalah jenis gangguan disforik pramenstruasi. Pada wanita yang menderita PMDD hormon progesteron akan mengubah bentuk reseptor gaba . perubahan bentuk tersebut yang membuat sel gaba akan sulit mengontrol perasaan cemas dan stress.



Kondisi

https://2.bp.blogspot.com/-md3zi10urdg/V6CbISP6OmI/AAAAAAAAAnA/MBtifypEO8gbrBhy8zo0IhmKi8mWl5Y4QCLcB/s1600/ilustrasi%2Bpasangan%2Bbertengkar.jpg

Kondisi adalah keadaan bisa diri, di luar diri, atau gabungan keduanya serta berjangka waktu agak lama. Dalam hal ini kondisi juga sangat berkaitan dengan penyebab marah karena kita harus bisa melihat dan menilai kondisi dari orang tersebut sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik.


  • Faktor Fisik

Kelelahan yang berlebihan

Adanya zat-zat tertentu yang dapat menyebabkan marah, seperti kurangnya zat asam diotak.


  • Faktor Psikis.

Sombong, menilai dirinya melebihi dari yang sebenarnya

Egoistis, akan selalu mementingkan diri sendiri

Dalam hal seperti yang dijelaskan diatas tentu akan menjadi penyebab marah karena individunya tersebut . jadi kondisi dapat menjadi penyebab marah .


Kesimpulannya adalah semua hal yang dapat menjadi penyebab marah tersebut harus lebih diperhatikan lagi mengenai situasi,kondisi ataupun riwayat yang dialami karena hal tersebut dapat menjadi penyebab marah yang paling umum terjadi . jadi pahami lingkungan sekitar kita .


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page