top of page

Ada apa dengan Brexit dengan dunia, bahkan Indonesia?


http://i0.wp.com/tahuberita.com/wp-content/uploads/2016/10/Britania-Exit-Brexit.jpg?resize=715%2C400

Baru-baru ini Dunia digemparkan dengan adanya berita mengenai “Brexit”. Apa sih itu Brexit? Brexit yaitu singkatan dari Britania Exit ( Brexit) yang memutuskan keluar dari uni eropa. Masyarakat dunia pun cukup terkejut dengan berita ini. Britania yang sudah lama bergabung dengan uni eropa kini harus melangkah keluar dari organisasi dunia tersebut.


Apa alasan Inggris memutuskan untuk melakukan brexit??


Hal ini disebabkan karena Uni Eropa membuat peraturan yang membatasi bisnis Inggris dan Inggris merasa dirugikan karena Uni Eropa menarik sejumlah uang keanggotaan sejumlah miliaran dolar. Selain itu Inggris juga merasa gerah karena terus didesak oleh uni eropa untuk menerima pengungsi-pengungsi dan isu-isu hak asasi manusia.

Adakah dampak negatif yang dirasakan oleh masyarakat dunia??


Dampak langsung Brexit adalah jatuhnya nilai tukar pound ke posisi terendah dalam 30 tahun terakhir terhadap dolar, lalu disusul dengan jatuhnya nilai tukar euro. Hal ini bisa memperngaruhi perekonomian Amerika pada sektor impor. Selain itu banyak warga uni eropa yang menetap di Inggris dan menggantungkan hidupnya disana bingung harus bertindak apa. Terlebih bisnis-bisnis Inggris yang menyebar keseluruh dunia harus ikut direpotkan dengan adanya Brexit ini. Ada pun proyek-proyek Inggris dengan uni eropa terancam dihentikan dan para pekerja nya terancam direlokasi.


Lalu, masihkah ada dampak positif untuk masyarakat dunia?

Dampak baiknya yaitu hubungan perekonomian Inggris dengan ASEAN, atau pun negara-negara lain akan lebih baik dan mudah karena tidak adanya campur tangan UE ( Uni Eropa ). Perekomian ASEAN atau yang dikenal MEA yang tertinggal dari Uni Eropa bisa maju dan berbenah diri, karena Uni Eropa akan kehilangan salah satu tumpuannya, Inggris. MEA akan berpeluang cerah karena diduga mampu dijadikan lading investasi oleh Inggris. Bahkan untuk bidang olahraga sepak bola pun terkena dampaknya, biaya transfer pemain Inggris pun jadi melejit.


Adakah dampak untuk Indonesia?

Banyak yang tak menduga bahwa Brexit yang terjadi di Britania mampu memberikan dampak tersendiri untuk Indonesia, berikut beberapa dampak yang berimbas pada Indonesia.


Birokrasi perdagangan ke Inggris lebih mudah

Ketika Inggris bergabung dengan Uni Eropa maka Indonesia harus melewati kebijakan-kebijakan Uni Eropa untuk melakukan suatu birokrasi dengan Inggris yang akan menyulitkan bahkan memhambat. Namun dengan adanya Brexit maka birokrasi akan lebih mudah, karena birokrasi hanya dilakukan dan disetujui oleh dua negara saja.


Indonesia jadi tujuan utama investasi

Indoneis merupakan salah satu negara ASEAN yang tercakup dalam MEA. Perekonomian MEA akan membaik dan begitu pula dengan Indonesia. Indonesia akan menjadi ladang investasi bagi Inggris karena Indonesia memiliki keunggulan bagi para investor seperti suku bunga yang tinggi dan juga kemudahan perizinan perekonomian investasinya.


Telatnya keputusan perjanjian perdagangan bebas Indonesia dan Uni Eropa

Negara-negara yang masih menjadi anggota Uni Eropa akan berusaha menahan diri untuk tidak membuat aturan yang mengusik ketidakpuasan masyarakat. Hal ini akan berdampak pada negosiasi perdagangan bebas antara Indonesia dengan Uni Eropa.

Mengganggu rencana Pemerintah, Pemerintah memiliki rencana yaitu meminta kewajiban perbankan untuk melaporkan transaksi kartu kredit nasabah. Namun hal ini dikatakan akan mengalami gangguan, karena saat Brexit ini transaksi kartu kredit turun 15%, sehingga momentumnya kurang tepat.


Setelah penjabaran diatas, banyak sekali dampak yang dirasakan masyarakat dunia bahkan masyarakat Indoenesia. Ada yang baik ada juga yang kurang baik. Meskipun begitu pemerintah Indonesia akan tetap memberikan yang terbaik bagi Indonesia tercinta ini. Masyarakat dunia juga akan tetap melakukan hal yang baik untuk negara nya sendiri meskipun adanya Brexit akan menggoyangkan sedikit banyak pada sektor-sektor tertentu di negara tersebut.

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page