top of page

TIPS DAN TRIK MENDAPATKAN IPK TINGGI


http://portalmuria.com/wp-content/uploads/2016/01/ipk-mahasiswa-untuk-mencari-kerja.jpg

IPK bukan sesuatu yang terdengar asing di telinga mahasiswa. IPK atau Indeks prestasi Kumulatif yang biasanya dijadikan tolak ukur keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan. IPK tinggi bukan hanya suatu impian yang ingin dicapai oleh setiap mahasiswa tetapi ketika seorang mahasiswa bisa lulus dengan IPK tinggi bahkan cum laude merupakan suatu kebanggaan buat diri sendiri, orang tua, bahkan untuk pendamping hidup dan anak-anak di masa depan. Dibawah ini merupakan tips dan trik untuk mendapatkan IPK tinggi dengan cara yang jujur dan bisa dipraktekkan :


1. Disiplin dalam segala hal

https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2016/04/disiplin-kerja.jpg

Disiplin merupakan suatu hal yang sangat sulit bagi setiap orang namun hanya diri sendiri yang bisa membangun kedisiplinan. Contoh pertama disiplin yaitu disiplin waktu kuliah, misalnya masuk kuliah jam 07.30 kita harus sampai di kelas 10 menit sebelum mata kuliah tersebut dimulai atu jam 07. 20, jangan biasakan diri kita untuk datang telat ataupun mepet sampai di kampus karena jika kita sudah terlambat masuk kelas dan dosen sedang menjelaskan pelajaran maka kita akan sulit mengikuti dan memahami pelajaran selanjutnya sehingga akhirnya membuat kita malas untuk belajar lagi. Contoh kedua yaitu disiplin dalam mengumpulkan tugas kuliah karena dosen tidak menerima alasan apapun yang kamu berikan ketika mengumpulkan tugas yang terlambat tersebut serta ada dosen yang tidak suka melihat mahasiswa tidak disiplin mengumpulkan tugas dan telat masuk kelas sehingga mahasiswa tersebut bisa dicap oleh dosen sebagai mahasiswa pemalas.


2. Jangan melawan atau menantang dosen

http://cdn-2.tstatic.net/batam/foto/bank/images/pelaku-pembunuhan-dosen-umsu_20160504_091244.jpg

kalo yang ini parah bukan hanya melawan tapi sampe membunuh dosen, jangan ditiru ya!. Pada saat kuliah ada satu ungkapan yang perlu diingat oleh mahasiswa yaitu dosen merupakan dewa segalanya untuk mendapatkan nilai A atau paling tidak nilai B. Ada beberapa dosen yang memang tidak seperti ungkapan itu, bahkan ada dosen yang senang dikoreksi oleh mahasiswa jika ada kesalahan.


3. Bergaul dengan orang yang mau belajar bersama

http://infoperempuan.com/wp-content/uploads/2013/01/Bergaul-di-lingkungan-baru.jpg

Bergaul dengan siapa saja tidak masalah namun berteman dengan orang yang mau belajar bersama akan lebih menyenangkan, karena kamu akan ada tempat bertanya dan belajar bersama apabila ada pelajaran yang tidak kamu mengerti saat di kelas


4. Duduk di barisan paling depan

http://ayobuka.com/wp-content/uploads/2015/12/duduk-depan-kelas.jpg

Banyak mahasiswa yang tidaktertarik duduk paling depan salah satu penyebabnya dosen yang membuat ngantuk. Keuntungan dari duduk paling depan yaitu kamu dapat melihat papan tulis dan dosen saat mengajar lebih leluasa, kesempatan bertanya lebih besar sehingga kamu lebih maksimal dalam belajar dan pada saat ujian kamu bisa mengerjakan soal ujian otomatis hasil ujian juga bagus dan IPK tinggi.


5. Ingat Orang Tua

http://thehappydept.com/wp-content/uploads/2016/06/family_happy_parents.jpg

Cara yang ini seharusnya diingat oleh setiap mahasiswa bahwa setiap orang tua mengharapkan anak-anak mereka akan bisa jadi sesuatu yang bisa mereka banggakan saat mereka sudah tua. Tetapi, banyak mahasiswa yang tidak ingat perjuangan orang tua untuk mendapatkan uang berjuta-juta bahkan puluhan juta untuk biaya kuliah dan kebutuhan kamu selama kuliah terutama bagi anak perantau yang jauh dari orang tua. Jadi ingatlah perjuangan orang tua dan jadikan orang tua sebagai semangat kamu dalam belajar supaya bisa lulus tepat waktu dan IPK tinggi yang bisa memberikan senyuman bahagia di raut wajah mereka yang tidak bisa dibeli oleh apapun.


6. Rajin membaca

http://membacacepat-resources.s3.amazonaws.com/kursus/lady-read-book-at-library.jpg

Tanpa membaca kamu tidak akan bisa mendapatkan IPK tinggi, karena dengan membaca maka wawasan kamu akan bertambah dan membuat pikiran kamu lebih kritis. Membaca tidak harus membaca buku yang berhubungan dengan perkuliahan kamu, bisa seperti hal-hal yang berhubungan dengan politik, sosial, ekonomi. Pada zaman yang canggih ini membaca bisa menggunakan internet, dengan menggunakan internet semua hal bisa kamu peajari namun ingat sebagai pengguna internet kita harus pintar-pintar menyaring informasi baik dan tidak baik.


7. Aktif di kelas

http://www.teruskan.com/wp-content/uploads/2014/02/Sering-Mengantuk-di-Kelas.jpg

Mahasiswa yang aktif di kelas akan lebih sering diingat dosen sehingga dosen tidak akan sulit memberikan kamu nilai yang tinggi. Tapi ingat aktif dikelas disini artinya bukan aktif membuat keributan ya, aktif disini maksudnya adalah aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dosen. Jika kamu ingin bertanya materi yang tidak kamu mengerti setelah kamu membaca materinya terlebih dahulu akan membuat dosen kamu senang karena kamu sudah berusaha terlebih dahulu. Dosen hanya mengingat mahasiswa yang paling pintar dan bodoh jadi mahasiswa yang pendiam juga tidak baik karena dosen tidak akan mengetahui kamu benaran pintar atau bahkan dosen mengira kamu pemalas dan bodoh.


8. Sopan santun dan rapi

http://3.bp.blogspot.com/--87YMzY94X4/VhN9o9R3vpI/AAAAAAAAALI/kX_e2nHhWM4/s1600/perhatikan%2Bpenampilan%2Bdi%2Bkantor%2Btips%2Bmasuk%2Bkerja%2Bhari%2Bpertama.png

Pada saat kuliah, pakailah pakaian serta sepatu yang rapi dan sopan karena ada beberapa dosen yang punya peraturan mengenai pakaian dan sepatu saat perkuliahan mereka sedang berlangsung, sebaiknya kamu mengikuti peraturan tersebut jika ingin dosen mengecap kamu mahasiswa yang suka melanggar peraturan. Selain pakaian dan sepatu yang harus rapi dan sopan, tingkah laku dan tutur kata juga harus sopan ketika berada di kampus terutama ketika perkuliahan sedang berlangsung dan jangan memotong pembicaraan dosen saat sedang belajar.


9. Tingkatkan relasi

Relasi perlu dibangun pada saat kamu kuliah karena jika kamu punya relasi dengan banyak orang dimanapun terutama pada saat di kampus baik dengan senior atau teman satu angkatan kamu bisa mendapatkan informasi sekitar perkuliahan bahkan kamu bisa menanyakan tugas yang mungkin tidak kamu pahami kepada senior serta menanyakan tentang karakter dosen dan cara untuk mengambil hati dosen tersebut agar mendapatkan nilai tinggi. terutama masuk Organisasi yang memang memiliki relasi yang besar seperti : BEM, HIMPUNAN, UKM atau Organisasi seperti Lisuma Gunadarma juga bisa meningkatkan relasi yang kamu punya, selain meningkatkan relasi organisasi juga bisa mengembangkan potensi yang kamu miliki, ayo mulai sekarang coba ikut organisasi yang ada dikampus. ayo join lisuma daftar dihttp://lisumagunadarma.wixsite.com/ormawa/ppb-pengkaderan-pemimpin-bangsa hehehehe sekalian promo.


10. Rajin beribadah

https://tarbawiyah.files.wordpress.com/2015/05/ibadah.jpg

Cara terakhir ini adalah cara yang wajib kamu jalani karena jika kita melakukan sembilan cara diatas namun kita tidak melakukan ibadah sesuai agama masing-masing, maka semua rencana yang sudah kita rancang belum tentu berjalan baik. Ingat kekuatan Tuhan lebih besar dari semua usaha kita. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa IPK tinggi bukan menjadi jaminan kamu menjadi orang hebat dan pintar dalam menghadapi semua hal di masa yang akan datang. IPK hanya nilai sementara namun yang menjadi nilai sesungguhnya dan lebih berharga yaitu skill atau kemampuan yang kamu miliki dan kamu bisa menerapkan nilai-nilai yang didapatkan saat kuliah ke tengah masyarakat serta menjadi orang yang bermanfaat buat masyar

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page