top of page

Bedah Buku : Dilan 1991


http://3.bp.blogspot.com/-1JAOjxXykLM/VfGwbrx29ZI/AAAAAAAABsE/zXHfqF1b0ts/s1600/dilan-2-5588d079df720.jpg

Milea, kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore. Tunggu aja (Dilan, 1990)


Milea, jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakitimu, nanti, besoknya, orang itu akan hilang (Dilan, 1990)


Cinta sejati adalah kenyamanan, kepercayaan, dan dukungan. Kalau kamu tidak setuju, aku tidak peduli (Milea, 1990)


Dilan, buku ini hasil karya ayah Pidi Baiq yang cukup dikenal di kalangan terbatas, karya karyanya dipenuhi dengan kata kata yang memotivasi dan membuat orang tercengang "waaah".


Tapi di novel kali ini. Dilan, diambil dari kisah nyata sepasang kekasih yang bernama Milea dan Dilan. Yang ingin gue bahas kali ini bukan lah tentang cerita kisah percintaan mereka. Tetapi, tentang "novel ini adalah panduan pria pdkt ke wanita"


Kenapa bisa dibilang seperti itu? Karena buku ini berisi keunikan keunikan Dilan dalam mendekati calon kekasihnya, Milea. Pada saat itu Milea sudah memiliki seorang kekasih yang berada di Jakarta, Sementara mereka berada di Bandung. kebetulan pacarnya Milea adalah seorang yang pemarah, egois, tidak sabaran dan tidak perduli dengan hati Milea. Walaupun Milea tetap bisa menjaga hatinya, tetapi Milea pernah di teriaki "PELACUR" disaat sedang berkumpul dengan teman temannya yang membuat Milea memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka dan lebih memilih untuk bersama Dilan.


Didalam novel ini Dilan bisa mendapatkan hari seorang Milea dilalui dengan cara yang tidak mudah. Berikut sudah saya rangkum hal hal yang membuat Milea selalu tersenyum dan selalu memikirkan Dilan.


(1) di PDKT pertama Dilan ke Milea, Dilan pernah mengikuti Milea naik angkot dari sekolah mereka hingga rumah Milea, padahal Dilan selalu membawa motor untuk berangkat ke sekolah. Walaupun di sepanjang jalan Dilan hanya di "cuekin" Milea, tapi Dilan tetap berusaha menarik hati Milea. Akhirnya dia berkata "Milea, kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore. Tunggu aja". Kata kata yang tidak biasa ini membuat Milea merinding, tetapi disini Dilan belum bisa mendapatkan hati seorang Milea.


(2) kertas pemberitahuan, apa itu? Ya, Dilan memang memiliki 1001 cara untuk menarik perhatian Milea. Salah satunya adalah kertas pemberitahuan yang ga penting ini. Kertas ini berisi pemberitahuan yang Dilan berikan ke Milea pada hari Minggu dan berisi kurang lebih intinya kaya begini "pemberitahuan kepada milea, kamu harus masuk pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu, karena ada kegiatan sekolah". Ga penting banget kan? Tapi kertas ini bisa bikin Milea jadi penasaran. "Ini orang kenapa sih?"


(3) Coklat. Siapa sih perempuan yang gasuka sama coklat? Dilan emang sering ngasih coklat ke Milea, tapi caranya beda daripada yang lain! Dilan suka ngasih coklat atas nama dirinya. Tapi, yang ngasih adalah tukang pos, tukang sayur, tukang koran, tukang listrik, dan lain lainnya. Rumah Milea jadi sering kedatangan tukang tukang yang "diperintah" Dilan buat ngasih coklat, unik kan?


(4) dan ini yang menurut gue paling nyentrik. TTS. Ada apa dengan TTS? Coba aja bayangin, ketika Milea ulang tahun dan cowo cowo lain berlomba lomba ngasih milea barang barang mahal dan bagus. Tapi Dilan malah ngasih TTS ke Milea, malahan TTS itu udah keisi dan penuh coret"an. Pas Milea buka dan baca surat yang ada di dalam TTSnya, ada tulisan pesan dari dilan "selamat ulang tahun Milea, maaf aku kasih TTS yang udah keisi semua ini karena aku sayang kamu jadi aku tidak mau kamu pusing buat ngisi TTS ini". Waaah, keren juga ya? Bener bener pemikiran yang out of the box nih buat cowo cowo, bukti kalau hadiah ulang tahun itu gaperlu mahal mahal tapi yg penting berkesan.


(5) yang kelima ini posisinya mereka udah saling mencintai tapi belom resmi jadi pacaran, akhirnya Dilan meminta Milea untuk membeli materai 6000 tanpa memberitahu untuk apa. Setelah membeli materai 6000 tersebut Milea bertemu dengan Dilan. Lalu Dilan mengambil kertas dan pulpen nya menuliskan teks ala ala proklamasi yaitu memproklamasikan status hubungan mereka menjadi pacaran yang ditanda tangani dengan materai 6000 tersebut.


Seperti yang disebut dari awal, dilan emang punya 1001 cara unik buat pdkt. Makanya buku ini cocok banget deh buat kalian cowo cowo yang kau pdkt, mending baca buku ini dulu! Gue buktinya HAHA, setelah baca buku ini gue memikirkan cara cara unik buat pdkt dan nembak doi. Dan akhirnya diterima! Moga ga cepet putus yee beib😚 #LohJadiNgawur


Okelah... Itu aja review buku Dilan versi gue yang udah dipaksa paksa cepet kelar sama ketum #maafTum😳 mohon maaf kalo artikel ini ga jelas. Terimakasih.


- Ammar (1/10/2016)

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page