top of page

Tom hanks is forrest gump



Judul Film/Buku : Forrest Gumps Nama Pengarang Buku : Winston Groom Nama Sutradara : Robert Zemeckis Pemeran Utama : Tom Hanks Banyak sekali saat ini film yang mengangkat tentang sebuah Perjuangan, Inspirasi, Drama, dan Sensasional. Namun film hasil garapan Robert Zemeckis di tahun 1994 yang diangkat dari novel karyaWinston Groom di tahun 1986 yang berjudul sama yaitu FORREST GUMPS berhasil meraih sebanyak 13 nominasi Academy Awardstermasuk Aktor kondang Tom hanks yang membuat film ini seakan natural sekali dan tanpa ada cacat sedikitpun dalam perannya. Menceritakan tentang seorang pria bernama Forrest Gump yang dibesarkan oleh ibunya dengan penuh perjuangan. Forrest sering diejek dan dijauhi oleh kawan-kawannya karena kecerdasannya yang di bawah rata-rata dan keterbatasan fisiknya. Namun di luar ketidakmampuannya itu, ia memiliki kemampuan lari yang cepat. Pada hari pertama sekolahnya, ia bertemu dengan Jenny, seorang anak perempuan dekat tempat tinggalnya yang dikenalnya sejak taman kanak-kanak, tapi menjadi cinta tak berbalas. Ketika lulus kuliah, ia mendaftar masuk ke militer dan dikirim ke Vietnam, di mana ia dengan segera berteman dengan seorang pria negro bernama Bubba, yang meyakinkan Forrest untuk ikut dalam bisnis udang bersamanya setelah perang usai. Forrest menjadi seorang yang sangat berjasa dalam peletonnya dengan kemampuan lari cepatnya. Ia menjadi penyelamat banyak tentara yang terluka dan juga menolong komandannya, namun tidak dapat menyelamatkan sahabatnya Bubba dalam perang tersebut. Tetapi dia menerima 4 Medali Kehormatan Kongres atas kepahlawanannya.

Saat penyembuhan dari tembakan peluru yang bersarang di bokongnya, ia menemukan kemampuan terpendamnya dalam pingpong. Ia pun menjadi atlet tenis meja yang terkenal dan membawa negaranya ke ajang internasional dalam sebuah pertandingan melawan tim Tiongkok. Forrest Gump dewasa menghabiskan waktunya untuk melakukan pencarian teman kecil perempuannya yang hilang. Ia mengeluarkan uang tabungannya untuk membeli kapal penangkap udang seperti yang dijanjikannya pada Bubba. Pada awalnya, usahanya selalu gagal tapi dengan kerja keras dan pantang menyerah, dan dibantu oleh komandannya yang telah pensiun karena cacat, ia pun menjadi seorang yang sukses dengan membeli sebuah rumah sakit sendiri, gereja, dan mampu untuk membiayai keluarga Bubba. Suatu hari, Ibu Forrest sekarat dan akhirnya meninggal. Melihat kabar buruk tersebut Forrest kini jarang ikut pelayaran. Perusahaannya kini dikelola oleh Letnan Dann dan ia tinggal menikmati hasilnya. Jenny kembali dan menemui Forrest, yang kemudian melamarnya. Jenny menolak, tetapi merasa harus membuktikan cintanya kepada Forrest dengan tidur bersamanya. Jenny kemudian pergi pagi-pagi benar. Tanpa berpikir panjang, Forrest memilih untuk melakukan perjalanan. Mungkin secara impulsif, ia memutuskan untuk berlari mengelilingi Amerika Serikat, selama lebih dari tiga setengah tahun, dan menjadi terkenal. Sekembalinya di kemudian hari, ia mendapatkan surat dari Jenny, yang melihatnya sedang berlari di televisi, memintanya untuk datang. Setelah bertemu, Forrest menyadari bahwa Jenny telah memiliki seorang anak laki-laki, yang adalah anak mereka berdua. Jenny memberitahu Forrest bahwa Jenny sedang sakit karena virus (kemungkinan AIDS). Ketiganya kemudian kembali ke Greenbow, Alabama. Jenny dan Forrest akhirnya menikah, tetapi tak lama kemudian Jenny meninggal dunia. Dengan menonton film tersebut saya menjadi sadar bahwa Orang bodoh seperti Forrest Gump yang memiliki IQ 75 bisa sukses dalam menempuh hidupnya, Cintanya, dan menjadi berguna untuk Orang lain. Akting yang diperankan oleh Tom Hanks menciptakan suasana seakan Tom Hanks memang Idiotdalam film tersebut. Memang tidak salah dia di anugerahi sebagai Best Aktor dalam film tersebut.


Tom Hanks harus mendalami karakter tersebut dengan bersungguh – sungguh, sampai dia harus berupaya menirukan suara pemeran Forrest kecil dengan mendengarkan rekaman suaranya sendiri pada radio tape selama berjam – jam. Tidak hanya itu saja Tom hanks mampu menciptakan sesuatu yang riil pada efek visual filmya ketika dia berjabat Tangan dengan presiden John F. Kenndy dan beberapa tokoh amerika yang mendunia lainnya. Tom, lahir pada 9 juli 1956 yang sekarang berumur 59 tahun mengawali bakat menjadi aktornya di tahun 1980 dengan membintangi film “He Knows You’re Alone” dan sukses membintangi film lainnya. Pada umur 18 tahun, Tom hanks sempat meminta salah satu sutradara melalui surat sebagai permintaan membintangi film yang sedang di garapnya, perjuangan Tom membuahkan hasil, ia membuktikan dirinya dengan bakat luar biasa yang dimilikinya sampai saat ini. Pada hakikatnya memang seorang aktor/aktris diharuskan mendalami peran dalam sebuah film, bertujuan untuk membuat sang penonton masuk kedalam cerita yang diberikan sang penulis. Tom hanks memberikan itu semua ketika membintangi film Forrest Gumps. Menjadi seseorang yang Idiot membuatnya harus keluar dari dirinya sendiri, Hanks harus menunjukan kepada para penikmat bahwa seni yang diciptakannya mampu membuat semua orang percaya bahwa yang ia lakukan di dunia perfilman ada hal yang serius. Dengan membintangi kurang lebih 47 film hollywood dan memenangi 5 penghargaan dunia yang membuatnya saat ini menjadi sangant terkenal. Tom saat ini fokus sebagai penulis, produser, serta sutradara dalam beberapa film yang digarapnya beserta produser dan sutradara lainnya. Berikut adalah sekilas liputan tentang sebuah film yang dibintangi oleh Tom hanks, yang menceritakan tentang sebuah perjuangan anak kecil yang idiot sampai ia dewasa, dan sebuah perjuangan sang ibu bagaimana membesarkannya dengan segala cara. Mungkin beberapa diantara kalian memang mengatakan bahwa hidup manusia sudah di atur oleh yang maha kuasa, namun secara tidak sadar takdir dapat kalian rubah dengan perilaku yang akan kalian lakukan pada masa yang akan datang.



Didalam film Forrest Gumps yang dibintangi oleh tom hanks kita mendapat pesan moral bagaimana sang ibu mengatakan bahwa “Hidup itu seperti sekotak coklat, kalian tidak tahu akan dapat coklat seperti apa? Manis, Asam, atau Pahit.” Mungkin sekian dari tulisan saya yang agak mengada – ada ini, jangan diambil hati, perasaan, apalagi jantung. Karna ini tulisan saya buat bermaksud untuk menghibur bagi para penikmat film, kalau tidak suka bisa langsung close atau bisa blok akun ini. Jadi sampai ketemu di tulisan selanjutnya, Hormat Penulis, Sampai Jumpa.







Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page