top of page

SIMFONI KEHIDUPAN (Bagian I : Makna Kebahagiaan)


Alangkah indahnya hari ini jika kita awali dengan wajah cerah dan senyum yang tulus. Hidup kita pun akan bahagia.

Agar kita bisa mencapai hidup bahagia, setiap orang berusaha mencari dan memperjuangkannya. Hidup bahagia adalah pilihan. Namun, apa sesungguhnya arti sebuah kebahagiaan? Arti kebahagiaan bagi setiap orang memang tidak selalu sama, karena kebahagiaan sering dipersepsikan sebagai keberhasilan atas sesuatu yang kita inginkan, berupa kesuksesan atau kesempurnaan.

Orang sakit mengira bahwa kebahagiaan ada pasa kesehatan. Orang miskin mengira bahwa kebahagiaan ada pada kekayaan. Rakyat jelata mengira bahwa kebahagiaan ada pada kekuasaan. Padahal, tidaklah demikian. Kebahagiaan yang hakiki ternyata ada pada hati yang senantiasa bersyukur. Sejatinya, tidak ada kesempurnaan yang bisa membuat kita bahagia, tetapi kebahagiaan membuat hidup kita akan terasa sempurna.

Setiap harapan dan kenyataan sebenarnya bisa membuat kita bahagia, karena diri kitalah yang bisa menentukan, menjadi sumber, dan merasakan kebahagiaan. Kalau demikian, apakah makna kebahagiaan yang sesungguhnya? Bagaimana cara anda memaknai kebahagiaan?


Kebahagiaan bisa dimaknai sebagai menyatunya berbagai perasaan positif sehingga menumbuhkan ketentraman dan ketegangan hati, serta melahirkan kebermaknaan hidup. Kebahagiaan hakiki bukan sekedar mengejar mimpi, tetapi memiliki mimpi bisa membuat kita termotivasi untuk bahagia. Kebahagiaan sejati tidak bersumber pada kesempurnaan materi, karena materi hanya perantara dan sifatnya sementara.


Kebahagiaan itu terjadi jika kita benar-benar memahami hati, bersahabat dengan hati, mengikuti kata hati, dan menjadikannya energi untuk membuat keadaan dan kenyataan yang kita jalani lebih berarti. Kata hati tak pernah mendustai, menuntun kita kepada kejujuran untuk memahami, mengasah kepekaan untuk merasakan, memberi dan berbagi dengan orang lain, tanpa kepura-puraan dan tanpa ditutup-tutupi.


Kebahagiaan juga tersedia bagi mereka yang menangis, dan mereka yang pernah disakiti hatinya. Karena hanya mereka itulah yang menghargai betapa pentingnya orang-orang yang pernah hadir dalam hidupnya. Kebahagiaan orang lain juga bisa menjadi bagian dari kebahagiaan kita. Nikmatilah.


Sesungguhnya, hidup ini sangat indah jika kita mau bersyukur. Hati dan pikiran menjadi terbuka, sehingga dapat menghayati betapa nikmatnya hidup. Keikhlasan adalah energi tertinggi yang akan memotivasi diri untuk bersinergi dengan rasa syukur dan kesabaran, sehingga melahirkan rasa bahagia. Adakalanya yang terindah bukanlah yang terbaik, dan yang sempurna juga tidak menjanjikan kebahagiaan. Tetapi ketika kita bisa ikhlas dalam menerima kekuragan, itulah kebahagiaan.

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page