top of page

Kognisi Sosial



KOGNISI SOSIAL , Apa itu kognisi sosial? Apa yang kita pikirkan mengenai dunia sosial kita? Kognisi Sosial adalah bagaimana orang berfikir mengenai dirinya sendiri dan dunia sosial atau secara spesifik bagaimana orang memilih, menginterpretasikan, mengingat dan menggunakan informasi sosial untuk membuat penilaian dan mengambil keputusan. Kognisi Sosial secara garis besar meliputi :


  • Kognisi sosial otomatis

  • Kognisi sosial terkendali

2. Strategi mental dan jalan pintas Dalam kehidupan sehari-hari kita di hadapkan pada keadaan dimana kita menghadapi berbagai pilihan yang mengharuskan kita membuat penilaian dan mengambil keputusan. Misalnya pada saat ingin mendaftar perguruan tinggi, kita menghadapi daftar puluhan universitas di Indonesia. Tentu saja kita tidak membaca satu persatu informasi mengenai perguruan tinggi tersebut, melainkan memilih beberapa diantaranya untuk di pertimbangkan berdasarkan kriteria tertentu (misalnya kualitas, lokasi dan biaya). Hal ini merupakan bentuk jalan pintas dalam menentukan respon. Kita sering menggunakan strategi mental dan jalan pintas yang memudahkan pengambilan keputusan. Jalan pintas ini tidak selalu menghasilkan keputusan terbaik, namun bagaimanapun efesien dari segi waktu. Apa jalan pintas yang di lakukan orang-orang?


  • Heuristic judgmental adalah jalan pintas yang di gunakan orang untuk mengambil keputusan secara cepat dan efisien.

  • Ada dua jenis heuristic judgmental yaitu availability heuristic (yang mudah datang dalam pikiran) dan representative heuristic (A serupa dengan B).

B. Kognisi Sosial Terkendali Kognisi sosial terkendali atau controlled thinking didefinisikan sebagai pikiran yang di sadari, di niatkan, dengan sengaja dan penuh usaha. "Kapan orang menghentikan pikiran otomatis dan mulai berfikir secara lebih pelan-pelan???"

  1. Bernalar counterfactual

  2. Menekan pikiran (thought surpression) dan pemrosesan ironis.











Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page