top of page

Ondel - ondel sekarang cuma Gope (Rp 500) nanti mau berapa?


source : http://www.ediginting.com/2013/06/jokowi-bukan-gubernur-biasa-biasa-saja.html

Siapa yang gak tau Ondel – ondel? Hampir seluruh orang yang ada di Metropolitan pasti tau yang namanya Ondel – ondel, kali ini saya ingin menjelaskan apasih ondel – ondel itu. Ondel-ondel adalah boneka besar yang tingginya sekitar 2,5 meter dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan warna putih. Ondel – ondel adalah Boneka Raksasa yang merupakan simbol / boneka raksasa yang memerankan arwah leluruh atau nenek moyang Rakyat Betawi, Rakyat Betawi meyakini bahwa ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh jahat yang gentayangan di Jakarta.

Itu penjelasan sedikit mengenai Ondel – ondel, kalua agan mau tau apa itu Ondel – ondel lebih jelas bisa search di google, namun disini saya ingin menyampaikan kegelisahan yang saya alami mengenai Budaya tersebut.


Menurut penjelasan di atas Ondel – ondel adalah Simbol arwah para leluhur dari Masyarakat Betawi, namun sekarang saya melihat adanya Penurunan Moral dan Kesalah pahaman disini. Penurunan moral dan kesalah pahaman yang saya maksud adalah cara atau Sikap dari Rakyat Betawi dan Masyarakat Indonesia terhadap Budaya ini, seharusnya Budaya ini bisa dilestarikan dan bisa menjadi panutan Masyarakat untuk selalu mengingat jasa para Leluhurnya. Disini saya ingin menyampaikan Pandangan saya tentang Budaya Ondel – Onel, berikut pandangan yang saya :

STOP Eksploitasi Ondel – Ondel yang digunakan untuk Ngamen!!!

Source : https://www.brilio.net/serius/ini-kata-budayawan-soal-menjamurnya-pengamen-ondel-ondel-160416s.html

Point ini merupakan garis keras! Tidak bisa diganggu gugat. Saya memang bukan orang Betawi tapi saya sangat menghormati budaya ini. budaya merupakan jati diri bangsa ini jika kita tidak bisa menghargai Budaya maka bangsa ini akan kehilangan Jati dirinya. untuk generasi Muda penerus bangsa seharusnya berfikir untuk Melestarikan budaya bangsa ke kancah Internasional bukan malah jadi alay ikut tren KPOP yang akhirnya membuat generasi muda jauh dari Budayanya sendiri. Masa Simbol dari Arwah Leluruh dijadikan sebagai alat ngamen? Ini Sudah kurang Ajar / ngelunjak, tidak ada nilai moral dari hal – hal yang dilakukan dengan Ngamen mengarak Ondel – ondel.


Yuk Kreatif mengenalkan Ondel – ondel

Source : http://carisouvenir.com/kategori-produk/dekorasi/

Di era Globalisasi ini pasti banyak cara untuk mengenalkan Ondel – ondel kemana saja, manfaatkan Ondel – ondel untuk kegiatan Positif contoh

  1. Ikut Pagelaran Seni yang ada di ibukota

  2. Belajar kreatif membuat ondel – ondel

  3. Atau ikut mengarak Ondel – ondel untuk kegiatan Charity

  4. Mengarak Ondel – ondel pada Hari besar Negara dan Agama

Itu merupakan sedikit cara untuk memperkenalkan Ondel – ondel, atau kalian juga bisa membuat ondel – ondel mini yang nantinya bisa digunakan sebagai Sovenir Pernikahan / Sunatan atau bahakan bisa di jual ditempat Rekreasi / wisata. Dengan cara ini saya yakin gak cuman mengenalkan Ondel – ondel saja tapi bisa juga membantu membangun perekonomian Masyarakat. PENTINGNYA Peran Pemerintah dan Masyarakat

Sudah pasti yang namanya bernegara pelu adanya sinergi antara Pemerintah dan Masyarakat. Lalu bagaimana caranya membangun sinergi tersebut?

  1. Tindak tegas Oknum yang Ngamen dengan Ondel - ondel

  2. Keluarkan peraturan Daerah yang mewajibkan setiap Gedung, Hotel & Apartemen memiliki Ondel – ondel sebagai Pajangan di dalamnya

  3. Pajangkan ondel – ondel disetiap Kantor Pemerintah, tempat Pendidikan, Wisata, Museum, Pameran & gedung pernikahan

  4. Edukasi Masyarakat mengenai Ondel- ondel dan cara membuat Ondel – ondel

  5. Perkenalkan Ondel – ondel jika ada Event Nasional / event Internasional yang diadakan.

  6. Masyarakat ikut aktif Melestarikan Budaya ini

Dengan adanya peraturan tersebut dari pemerintah saya yakin minat akan Ondel – ondel akan meningkat. Oknum yang telah salah Mengeksploitasi Ondel – ondel bisa lebih kreatif untuk memanfaatkannya dan berhenti ngamen dengan ondel – ondel dan berfikir untuk melestarikan budaya ini karena pemerintah pro terhadap Budaya Daerahnya sendiri. agar Ondel - ondel gak dinilai murah sama orang.

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page